Persija Maksimalkan Pemain Muda

JAKARTA –Persija Jakarta tetap incar kemenangan saat dijamu Mitra Kukar di Stadion Haji Imbut, Tenggarong, nanti sore. Walaupun ingin akhiri kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2012/2013 dengan kemenangan, Persija berencana memberikan kesempatan pemain mudanya berlaga.

Persija siap maksimalkan para pemain mudanya saat dijamu Naga Mekes, julukan Mitra Kukar. Laga yang sejatinya tidak lagi memberikan pengaruh apapun bagi tim besutan Benny Dollo, tidak berarti Persija akan melepas laga terakhirnya di kompetisi ISL. Setidaknya sebagai usaha tidak jauh terpuruk di klasemen akhir.

Dijamu Mitra Kukar, Persija dipastikan kehilangan dua pemain asing. Fabiano Beltrame dan Robertino Pugliara sudah lebih dulu pulang kenegaranya masing-masing untuk urusan pribadi. Fabiano kembali ke Brasil, karena anak perempuannya dikabarkan mengalami kecelakaan. Adapun Pugliara, sedang mengurus pernikahannya.

"Kami dipastikan kehilangan Robertino (Pugliara) dan juga Fabiano (Beltrame). Mereka izin meninggalkan klub lebih dulu, karena ada urusan keluarga yang mendesak. Fabiano, anaknya mengalami kecelakaan di Brasil. Saya pikir, lebih baik dia pulang dari pada tidak berkonsentrasi dipertandingan nanti," ungkap Bendol, saat dihubungi KORAN SINDO, kemarin.

Pemain-pemain muda Macan Kemayoran, julukan Persija, diisyaratkan akan dimaksimalkan Bendol. Mantan pelatih tim nasional (timnas) Indonesia ini melihat, kesempatan tersebut untuk memberikan jam terbang bertanding kepada para pemain muda Indonesia.

"Kami akan lebih banyak menurunkan pemain-pemain muda dalam pertandingan nanti. Ini akan jadi pembuktian bagi para pemain-pemain muda untuk menunjukan aksinya. Sekaligus sebagai ajang seleksi untuk musim mendatang," papar pelatih kelahiran Manado, Sulawesi Utara, 62 tahun silam.

"Walau kami berencana banyak menurunkan pemain-pemain muda. Bukan berarti, kami akan melepas pertandingan tersebut begitu saja. Kami akan tetap incar kemenangan. Setidaknya untuk mendongkrak atau menjaga posisi Persija, untuk tidak lagi terperosok," sambungnya.

Persija sendiri saat ini duduk diperingkat ke- 11 klasemen sementara ISL. Dari 33 pertandingan yang telah dilalui, Persija hanya mampu meraih 12 kali kemenangan. Sementara sisa berakhir dengan enam kali imbang dan 15 kali dipencudangi lawan-lawannya. 42 angka pun jadi raihan Persija saat ini.

Bendol pun melihat ada aroma negatif yang dialami anak-anak asuhnya, selepas lolos dari jeratan degradasi.  Menurunnya performa Persija, terlihat jelas saat ditundukan Persisam Samarinda di Stadion Segiri, Samarinda, 15 September lalu. Dimana saat itu, Persija dipaksa menyerah 2-3, dari Pesut Mahakam, julukan Persisam.

"Perjuangan itu ada batasnya. Selama ini mereka sudah berjuang maksimal untuk keluar dari zona degradasi. Karena mungkin sekarang sudah aman, motivasi bermain pemain kami sepertinya menjadi berkurang," jelas Bendol.

"Sebenarnya saya selalu tekankan kepada para pemain, jangan melihat posisi di kalsemen. Usahakan selalu tampil sebaik mungkin sebagai nilai pribadi. Karena menurut saya, setiap pertandingan menjadi bukti tersendiri bagi si pemain itu," tutupnya.

Perakiraan Susunan Pemain ;
Mitra Kukar (4-3-3) ;
Syamsidar; Zulkifli Sukur, Hamka Hamzah, Dedi Gusmawan, Rachmat Latif; Hendra Ridwan, Raphael Maitimo, Paolo Frangipane; Jajang Mulyana, Spasojevic Ilija, Esteban Herrera 
Pelatih ; Stefan Hansson

Persija Jakarta (4-4-2) ;
Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, AA. Ngurah Wahyu, Syahrizal, Ahmad Alfarizi; Amarzukih, Defri Rizky, M. Ilham, Fery Komul; Emmanuel Kenmogne, Rachmat Affandi
Pelatih ; Benny Dollo   (Decky Irawan Jasri/Koran SI/min)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/17/49/867661/persija-maksimalkan-pemain-muda