Sulit bagi Persepar Curi Poin di Mattoanging

MAKASSAR – Laga perdana di putaran kedua Indonesia Premier League (IPL) 2013-2014 akan tersaji di Stadion Mattoanging, Makassar, Sabtu (7/9/2013). Panggung akan menggelar pertandingan antara tuan rumah PSM Makassar kontra Persepar Palangkaraya.
 
Tim tamu pertama kali menguji coba stadion pada Jumat (6/9/2013). Usai menjajal rumput lapangan, pelatih Edy Simon Badawi berkenan diwawancarai oleh Okezone. Berikut, petikannya:
 
Bagaimana penilaian Anda terhadap tim PSM Makassar?
 
"Kami tahu PSM kuat dan merupakan tim besar. Sementara tim yang saya bawa baru tahun ini promosi. Harapan saya sebagai pelatih tentu ingin hasil yang terbaik. Apakah hasilnya satu poin atau tiga poin kita akan berusaha. Kami tahu kalau di sini PSM adalah tim besar yang kuat. Kami akan bekerja keras di sini."
 
Mengenai pemain Persepar sendiri?
 
"Kita memang ada penambahan pemain, lima orang. Tiga dari Medan dan dua pemain asing, yaitu Emile Mbamba dan Kim San Duk. Kim San Duk ini waktu pertama ikut seleksi, tapi kemudian dia sakit, setelah sembuh kami panggil lagi."
 
Apa target tim Anda?
 
"Kami siap, jauh-jauh dari Kalimantan ke mari, tujuannya ingin main baik, mudah-mudahan bisa curi poin. Tapi kami tahu kalau mau curi poin di sini dari jaman dulu juga susah. Di sini timnya bagus, fanatisme daerahnya bagus, dan suporternya juga bagus. Kita harus kerja ekstra kalau ingin poin di sini."
 
Anda nilai pemain PSM seperti apa?
 
"Saya rasa semua pemain PSM bagus-bagus. Apalagi di sektor penyerang, berarti pertahanan kami harus waspada." 
 
Di kandang sendiri, putaran pertama lalu, tim Anda menang. Ada perbedaan pola dibandingkan pertandingan pertama dulu, yang akan diterapkan besok?

 
"Kita main di kandang PSM, tentu ada perbedaan di sini. Dan PSM yang dulu dan sekarang sedikit berbeda, terutama pelatih mereka juga sudah berganti.  Pelatih-pelatih daerah juga tidak boleh diabaikan seperti pelatih yang sekarang itu sudah tahu kultur sepakbola kita. Saya tetap menganggap PSM adalah tim kuat. Mudah-mudahan dengan pertandingan sebelumnya kita bisa mencuri poin dari Perseman Manokwari, di sini akan begitu juga."
 
Apa Emile Mbamba akan dimainkan?
 
"Untuk penyerang baru seperti Mbamba diturunkan atau tidak kita akan lihat sampai besok pagi. Karena pagi nanti kami masih akan uji coba lapangan satu kali lagi. Di situ akan kita kontrol semua pemain. Siapa yang siap diturunkan atau tidak di situ akan diketahui. Kita memang punya empat pemain asing, mudah-mudahan semuanya bisa diturunkan. Kecuali mungkin Kim yang agak pilek, entahlah bisa main atau tidak."
 
Kalau melihat kondisi lapangan di Stadion Mattoanging ini, bagaimana menurut Anda?

 
"Kondisi lapangan kita bisa lihat sendiri. Saya kaget melihat kondisinya seperti ini. Tapi kita anggap masih layak ini."
 
Kewaspadaan seperti apa yang Anda wanti-wanti kepada para pemain Persepar?
 
"Dari dulu tim-tim asal Sulawesi terutama PSM bagus dan kuat. Saya beberapa kali juga ke mari mulai dari menangani Persisam Samarinda, Persiba Balikpapan, Putra Samarinda, Mitra Kukar artinya kami tahu di sini pertandingan akan sulit. Saya juga bilang sama anak-anak (para pemain-Red) di Makassar akan sulit bagi kita karena mereka kalau sudah main fanatisme daerahnya sangat tinggi sebagai ciri khas PSM yang menjadi fighting spirit-nya sejak dulu."
 
Tentang komposisi asing, tim Anda punya empat dan PSM hanya satu, akan besar pengaruhnya atau tidak?
 
"Walaupun PSM hanya punya satu pemain asing, kita jangan terlena dengan pemain asing. Sebab pemain lokal Makassar dari dulu juga bagus-bagus," tuntas Edy. (min)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/06/49/862091/sulit-bagi-persepar-curi-poin-di-mattoanging