Suporter Tiru Nazi, Ukraina Dihukum FIFA

ZURICH – Ukraina harus memainkan laga kandang selanjutnya di ajang kualifikasi Piala Dunia 2014, dengan stadion kosong, tanpa penonton. Ini harus dialami negara yang jadi tuan rumah Piala Eropa 2012, itu karena sanksi FIFA.
 
Yahoo melansir, Federasi Sepakbola Dunia itu memberi sanksi kepada Ukraina karena ulah rasial yang dilakukan sekelompok suporter saat Ukraina menjamu San Marino 6 September 2013, di mana pasukan Mikhail Fomenko itu menang telak, 9-0 dalam lag yang digelar di L'viv Arena itu.
 
Dalam pernyataan, FIFA menyebut bahwa terjadi insiden rasial dan diskriminatif saat pertandingan. Sejumlah suporter memajang spanduk berbau neo-Nazi dan gerakan hormat ala Nazi, mereka juga menirukan gerakan monyet.
 
Selain itu, sejumlah suporter membuat insiden yang melanggar peraturan keselamatan FIFA, dengan menggunakan petasan. Selain larangan tampil dengan penonton, Ukraina juga didenda 45 ribu franc Swiss,atau USD50 ribu.
 
Sanksi ini membuat Ukraina bakal menggelar pertandingan melawan Polandia pada 11 Oktober dengan stadion tanpa penonton. Padahal laga tersebut sangat penting untuk menentukan dua terbaik di Grup H, yang juga dihuni Inggris.
 
Ukraina mengoleksi 15 poin dari delapan pertandingan, di bawah Inggris di puncak klasemen dengan poin 16. Di bawah Ukraina, Montenegro juga mengoleksi poin 15, namun kalah selisih gol. Sementara, Polandia mengantongi poin 13. Selanjutnya, Moldova dengan lima poin, dan juru kunci, San Marino, tanpa poin.
(fit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/29/51/873581/suporter-tiru-nazi-ukraina-dihukum-fifa