Tata Tak Pernah Mengubah Gaya Barca

BARCELONA – Asisten Gerardo 'Tata' Martino, Jorge Pautasso coba mengklarifikasi segala hal yang kini tengah merambah Raksasa Catalan tersebut, terutama gaya bermain Barcelona. Melalui lidah sang asisten, Tata menganggap tak ada perubahan tentang permainan Barca.
 
Barca selama ini sangat kental dengan tiki-takanya, sejak era Pep Guardiola 2008 silam. Namun dalam beberapa pertandingan, terutama di bawah asuhan Tata, permainan Blaugrana berubah, lebih bertahan dan mengandalkan serangan balik.
 
Sontak beberapa pemain pun berkomentar terkait perubahan ini, salah satunya yang dilontarkan oleh sang megabintang Lionel Messi. Meski menerima dengan gaya baru Barca, Messi tak sepenuhnya mendukung keputusan pelatih anyarnya tersebut.
 
Pautasso coba menjelaskan perdebatan yang terjadi di dalam tim. Dalam konferensi pers menggantikan Tata yang tengah berada di Argentina, untuk menghadiri pemakaman ayahnya, asisten Tata itu pun mengatakan kalau permainan Barca tidak ada yang berubah.
 
"Kami tidak akan membuat perubahan apa pun, kami hanya akan bermain dengan cara yang sama, dengan pressure tinggi,"ucap Pautasso, seperti dilansir Football-Espana, Sabtu (21/9/2013).
 
"Tanpa mengubah apa pun. Tata menyukai pendapat para pemain. Kami tidak pernah akan mengkhianati gaya mereka karena kami datang ke sini untuk menambah kekuatan, tidak mengambil, dari apa yang telah dicapai klub selama bertahun-tahun," tegasnya.
 
"Tata tidak terbebani oleh pembinaan klub. Sebaliknya, itu merupakan pujian bagi kami semua untuk berada di sini. Dia masih sama, berusaha untuk menerapkan ide-idenya. Ide untuk Gerardo adalah berbicara, membahas hal-hal, bertukar pikiran untuk kesejahteraan Barcelona," tutupnya.
(fir)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/21/46/869609/tata-tak-pernah-mengubah-gaya-barca