Yordania-Uzbekistan Jajal Playoff Cari Tiket Asia

KUALA LUMPUR – Yordania dan Uzbekistan berhadapan pada playoff Asia untuk melanjutkan petualangan di kualifikasi Piala Dunia FIFA. Dalam serial pertandingan kandang-tandang, kedua kesebelasan akan berlaga pada 6 September lusa di King Abdullah International Stadium, Amman. Empat hari kemudian panggungnya pindah ke Pakhtakor Stadium, Tashkent.
 
Pemenang playoff ini hanya menerima jatah terakhir berupa ½ dari zona Asia setelah empat tempat utama dipastikan terisi oleh Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Australia. Juara playoff Asia harus menantang peringkat kelima zona CONMEBOL (Amerika Selatan) dalam pentas bertajuk kualifikasi interkontinental. Kedua tim antarbenua tersebut memperebutkan satu tempat di putaran final Piala Dunia tahun depan.
 
Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa sangat berharap salah satu dari kedua tim Asia itu akan mendapatkan tempat kelima untuk Asia dalam pesta sepakbola dunia di Brasil 2014 mendatang.
 
"Keduanya Yordania dan Uzbekistan sebenarnya memiliki kesempatan mereka untuk mendapatkan jatah otomatis ke Piala Dunia sampai hari terakhir pertandingan dari babak final kualifikasi zona Asia. Sayangnya, mereka harus puas dengan tempat ketiga dalam grup masing-masing," tukas Salman dalam e-letter AFC ke Okezone, Rabu (4/9/2013).
 
Diketahui, Uzbekistan kalah selisih gol dari peringkat kedua di Grup A Korsel, padahal sama-sama mengumpulkan poin 14. Kendati di pertandingan terakhir, Uzbekistan menggulung Qatar 5-1 kemenangan besar itu tidak cukup mendongkrak posisi mereka menggeser Korsel yang di saat bersamaan kalah tipis 0-1 dari Iran.
 
Sementara Yordania sampai pertandingan ketujuh di Grup B baru menuai nilai 7 sama dengan Australia. Kedua kesebelasan berada di ujung tanduk, pada peringkat 3-4. Di atas mereka, Oman sudah mendapat poin 9. Sedangkan Jepang, tak bisa digugat lagi, telah menyita satu tempat teratas dengan perolehan 17 angka. Akhirnya, Yordania menundukkan Oman 1-0, skor sama dicapai laga Australia-Irak. Walhasil, Australia menemani Jepang lolos otomatis dan Yordania mengkudeta Oman dari peringkat ketiga.
 
Disebutkan, para pemain dari kedua tim tersebut menampilkan bakat besar dan tekad dalam seluruh kampanye mereka. Salman merasa yakin pemain pun siap memberikan tendangan terbaik mereka pada 6 dan 10 September nanti.
 
"Saya ingin berharap kedua tim mendapatkan yang terbaik dan berharap bahwa tim pemenang dari playoff ini akan mampu mengatasi rival CONMEBOL mereka di playoff antarbenua untuk slot di Piala Dunia FIFA," sambung Salman.
 
"Saya berharap tim memperlihatkan kualitas yang terbaik dalam pertandingan mereka sambil mengingatkan mereka tentang pentingnya sportivitas dan menghormati lawan," tuturnya.
(fit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/04/51/860577/yordania-uzbekistan-jajal-playoff-cari-tiket-asia