Akhir Karier Sepakbola Alessandro Nesta

MONTREAL - Karier Alessandro Nesta sebagai pemain akhirnya tuntas. Bersama klub Major League Soccer (MLS) Montreal Impact, bek legendaris AC Milan menutup 20 tahun kariernya sebagai pesepakbola dan meretas karier sebagai pelatih.

Sabtu (19/10/2013) menjadi penampilan terakhir Nesta di lapangan. Bek 38 tahun ini turut membantu Montreal Impact melakukan comeback dengan menaklukkan Philadelphia Union 2-1 pada lanjutan kompetisi MLS wilayah Timur.

Sebelum laga dimulai, eks punggawa internasional Italia ini mendapatkan sebuah penghargaan, berupa rekaman video perjalanan karier Nesta baik di Timnas maupun klub, termasuk aksi-aksinya berkostum Montreal Impact di layar besar dan mendapatkan aplaus dari publik, Stade Saputo, markas Montreal.

Pada laga itu, Nesta harus ditarik keluar pada menit ke-89 karena mengalami cedera besit. Kondisi ini memaksanya mempercepat masa pensiunnya karena harus absen pada laga terakhir musim reguler MLS kontra Toronto, pekan depan.

Terkait rencananya setelah pensiun, Nesta ingin terlebih dulu menikmati masa pensiunnya, untuk kemudian meretas asa untuk jadi pelatih.

"Tentunya, saya ingin menjadi pelatih di masa depan. Saya akan coba merealisasikannya. Kita lihat nanti, di level apa saya melatih, tapi saya merasa bahwa pekerjaan inilah yang bisa saya lakukan," ujar Nesta sebagaimana dikutip Goal, Minggu (20/10/2013).

Nesta merupakan produk asli binaan Lazio yang memulai kariernya di tim utama Biancoceleste pada 1993. Nyaris satu dekade membela panji Lazio yang dibawanya merengkuh tujuh titel juara, Nesta melanjutkan karier di Milan dan mencapai puncak kariernya.

Sepuluh tahun berkosum Merah-Hitam, Nesta mengecap berbagai sukses baik di level domestik maupun Eropa. Total, 10 trofi didapatnya bersama Milan, di mana dua diantaranya adalah trofi 'The Big Ears' Liga Champions.

Menyeberang ke Amerika Serikat, karier Nesta di Montreal Impact juga cukup apik. Dalam dua musim, Nesta yang memainkan total 29 laga, sukses membantu Montreal jadi kampiun Canadian Championship dan kini membawa Montreal menempati posisi tiga klasemen sementara MLS.

Di Timnas Italia, Nesta juga tak luput meraih sukses. Bersama Gianluigi Buffon, Pippo Inzaghi, Alessandro Del Piero dan Marco Materazzi, Nesta membawa Italia merebut trofi Piala Dunia 2006. (acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/10/20/50/884063/akhir-karier-sepakbola-alessandro-nesta