Banyak Pemain Bela Timnas, Latihan Perdana Persib Ditunda

BANDUNG - Persib Bandung menunda jadwal latihan perdana jelang bergulirnya kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014. Banyaknya pemain yang bergabung di skuad Timnas menjadi salah satu alasannya.

Dari 26 pesepakbola tanah air yang dikumpulkan untuk menjalani pemusatan latihan, lima orang di antaranya merupakan pilar Persib di musim depan. Mereka adalah tiga pilar lama, yakni I Made Wirawan, Tony Sucipto, dan Hariono. Dua lainnya masih berstatus calon pemain Pangeran Biru, yaitu Tantan dan Ahmad 'Jupe' Jufryanto yang musim lalu membela Sriwijaya FC.

Nominal tersebut belum termasuk kemungkinan adanya pemain timnas lain, yang tanpa diketahui publik sudah menjalin kesepakatan dengan Persib. Hingga saat ini, skuad Pangeran Biru memang masih gencar mencari amunisi tambahan. Melalui pelatih Djadjang 'Djanur' Nurdjaman, sejumlah pemain bidikan sedang dalam tahap negosiasi.

Pesepakbola berlabel Timnas sangat mungkin menjadi salah satu kriterianya. Selain faktor finansial mumpuni, gelar juara yang kembali ingin diraih Pangeran Biru juga membuat tim ini gencar mencari pemain top Tanah Air. Jika benar nominal pemain Persib yang tergabung di skuad Garuda melebihi apa yang diketahui Bobotoh, maka efektivitas latihan perdana Pangeran Biru dipastikan semakin berkurang.

Para pemain Persib untuk musim depan mulanya akan dikumpulkan Jumat (25/10/2013), untuk kemudian menjalani latihan perdana pada Senin (28/10). Rencana ini gagal terlaksana karena pemusatan latihan Timnas Senior. Terakhir, Djanur menyebut para punggawa kebanggaan Bobotoh akan mulai latihan awal bulan depan.

"Awalnya memang direncanakan akhir bulan ini kami mulai program latihan. Tapi karena beberapa hal, termasuk salah satunya pemusatan latihan Timnas, agenda itu terpaksa bergeser. Saya rencanakan latihan perdana dilakukan awal November," ucap Djanur.

Hingga pertengahan bulan depan, skuad Garuda memiliki jadwal yang tergolong padat. Selain pemusatan latihan di Batu, Malang, yang dimulai Rabu (23/10) hingga Sabtu (2/11), Timnas juga mengagendakan dua pertandingan uji coba. Yaitu melawan Mali di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (4/11), dan menghadapi Korea Utara di Pyongyang pada Sabtu (9/11).

Hasil rentetan program latihan tersebut akan dibuktikan dalam dua pertandingan kualifikasi Piala Asia 2015. Yaitu melawan China di Stadion Shanxi, Xi'an, Jumat (15/11), dan berlaga sebagai tuan rumah menghadapi Irak pada Selasa (19/11).

"Jadi kalau pun latihan perdana Persib digelar awal November, para pemain Timnas kemungkinan masih absen. Mereka baru akan bergabung setelah pertandingan melawan Irak pertengahan bulan depan," pungkas Djanur. (Gugum Rachmat/Koran SI/acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/10/24/49/886586/banyak-pemain-bela-timnas-latihan-perdana-persib-ditunda