Ditawari Bela Skotlandia, Rooney: Saya Orang Inggris!

BAKU – Adnan Januzaj dan Diego Costa tengah jadi sasaran sorotan lantaran diperebutkan servisnya oleh beberapa negara. Berti Vogts yang juga turut ambil perhatian terkait itu, tiba-tiba teringkat kisahnya sendiri satu dasawarsa lalu dengan mengaitkan situasi yang sama pada Wayne Rooney.
 
Rooney? Ya, Vogts yang di era 2002 sampai 2004 menukangi Skotlandia, pernah menawari Rooney untuk membela panji St. Andrew's. Kala itu, Rooney masih menginjak usia 16 tahun dan baru meniti kebintangannya bersama Everton di bawah asuhan David Moyes.
 
Vogts menemukan fakta bahwa Rooney sedianya bukan orang Inggris asli lantaran punya darah Skotlandia dari pihak neneknya. Vogts pun mengontak sang rising-star untuk menawarinya kesempatan berseragam Tartan Army – julukan Skotlandia.
 
Berharap mendapat tanggapan positif, arsitek berpaspor Jerman itu mengakhiri pembicaraan dengan rona kecewa. Jelas Rooney menolak dan memilih prospek yang lebih besar bersama tim nasional Inggris setelah mengakui dirinya sebagai orang Inggris asli.
 
"Saya pernah berbicara dengan Wayne Rooney, neneknya orang Skotlandia. Asosiasi sepakbola Skotlandia menemui neneknya dan saya pun langsung mengontaknya," ujar Vogts, sebagaimana disadur DailyMail, Jumat (11/10/2013).
 
"Saya terbang dari Glasgow ke Everton. Dia masih di bawah asuhan Moyes dan saya bicara padanya – seorang pemuda 16 tahun. Saya katakan, 'Anda bisa bermain untuk Skotlandia'. Tapi dia merespons, 'Saya orang Inggris, saya orang Inggris!' Maaf menolak tawaran Anda, bos, tapi saya orang Inggris'," tutup Vogts yang kini menakhodai Azerbaijan.
(raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/10/11/51/880328/ditawari-bela-skotlandia-rooney-saya-orang-inggris