Fans Bersikap Rasial, Lazio Kembali Dihukum

ROMA - Lazio harus menanggung akibat dari ulah sebagai suporternya yang melakukan tindakan rasial kala melawan Legia Warsawa di ajang Europa League. Pasalnya, UEFA telah menyatakan para fans Lazio bersalah.

UEFA menyatakan para fans si Elang Biru telah berprilaku rasial kala menjamu Legia Warsawa pada 20 September lalu. Terlebih, para fans membentangkan spanduk yang tak pantas di dalam stadion.

Alhasil, skuad asuhan Vladimir Petkovic tersebut harus terkena hukuman dengan bermain tanpa penonton saat menjamu Apollo pada 7 November nanti. Tak hanya itu saja, Lazio pun didenda 33 ribu pounds.

"Perjuangan melawan rasisme adalah prioritas UEFA. Badan sepak bola Eropa tidak memberikan tolerasi terhadap aksi rasisme dan diskriminasi di lapangan dan juga di tribun penonton. Semua bentuk perilaku rasisme dikategorikan sebagai serangan serius melawan aturan disiplin dan dihukum dengan sanksi berbeda," demikian pernyataan UEFA yang dilansir YahooSports.

Ini bukan pertama kalinya Lazio kena hukuman karena tindakan rasial, sebelumnya fans tim asal Serie A ini berulah kala melawan Tottenham Hotspur di Europa League musim lalu. Beberapa fans Lazio melakukan ejekan dengan menirukan suara monyet kepada beberapa pemain Spurs, seperti Jermain Defoe, Aaron Lennon, dan Andros Townsend.

Atas kejadian tersebut, Lazio harus membayar denda sebesar 40 ribu euro atau setara dengan Rp500 juta. Mereka juga bermain tanpa menonton kala melawan Vfb Stuttgart Fenerbahce. (min)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/10/05/50/876908/fans-bersikap-rasial-lazio-kembali-dihukum