Latihan Taktik, Timnas Diganggu Petir

JAKARTA- Laga uji coba Tim nasional (Timnas) Indonesia kontra Kyrgiztan Jumat pekan ini, sudah memasuki latihan sesi ketiga. Setelah pada latihan sesi kedua kemarin fokus pada fisik, hari ini sesi latihan menitikberatkan pada taktik.
 
"Kami masuk dalam taktik pertandingan, melakukan tekanan pada penyerang agar tidak ada celah bagi lawan untuk menembus pertahanan kami," ucap pelatih Jacksen F. Tiago, Selasa (29/10/2013).
Ditambah lagi pada sesi latihan di cuaca yang kurang bersahabat, pelatih asal Brasil itu turun langsung memberi instruksi kepada para pemain di lini depan. Sesi akhir pertandingan ditutup 10 menit lebih awal akibat cuaca yang kurang mendukung dan para pemain yang konsentrasinya sudah mulai menurun.
 
"Perkembangan tim? pemain sudah cukup saling memahami. Ada beberapa pemain yang baru datang dan sedikit minder tapi mobilitas dan pemahaman antar pemain sudah mulai muncul," ucap sang juru taktik.
 
Sesi latihan sore yang dimulai pukul 16.00 WIB berlangsung selama 90 menit. Latihan terpaksa dihentikan lantaran para pemain lebih fokus kepada suara petir. Namun, di luar itu pelatih Persipura  ini mengharapkan materi untuk meningkatkan pola permainan tetap bisa diserap.
 
"Terakhir masuk sesi umpan dan membangun penyerangan, antisipasi bola dan umpan silang. Seharusnya sesi latihan kami, ditutup dengan latihan umpan, tapi saya rasa besok masih ada waktu."
"Diharapkan di laga uji coba nanti bisa ditingkatkan kemampuan penyerang kita dan mengorganisir pertahanan, karena dalam laga uji coba tekanan lebih tinggi," tuturnya.
 
Jelang laga uji coba itu, Indonesia mempersiapkan 24 pemainnya yang juga akan diturunkan melawan China 15 November di ajang Pra Piala Asia 2015 Grup C. Jacksen menyatakan bahwa semua pemainnya dalam kondisi yang prima.
 
"Kami sudah memanggil para pemain yang kami harapkan untuk tampil. Tidak ada kesulitan dalam beradaptasi, para pemain tahu apa yang diinginkan dan mereka dalam kondisi yang lebih baik," ujar pelatih berusia 45 tahun ini.
 
Namun di satu sisi timnas tidak diperkuat oleh pemain-pemain andalannya seperti Hariono yang sedang mengalami cedera hamstring dan tiga pemain Semen Padang yang sedang menjalani laga BTV Cup di Vietnam, Hendri Mofu, Muhammad Nur Iskandar, dan J. Eka Putra.
 
"Untuk saat ini semua berjalan lancar tapi pastinya tetap ada pengurangan pemain, melihat kondisi Hariono yang cedera, tapi selama masih ada di sini masih ada harapan untuk dia," katanya.
Saat ini Indonesia hanya mampu bercokol di posisi buncit Grup C di ajang Pra Piala Asia dan hanya mampu mengumpulkan satu poin, hasil dari dua kali kalah, dan sekali imbang.
(fit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/10/29/51/888984/latihan-taktik-timnas-diganggu-petir