Mess Direnovasi, Persib Berencana Mengungsi

BANDUNG – Persib Bandung berencana 'mengungsi' dari komplek Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung yang selama ini dijadikan mess pemain. Hal itu disebabkan proses renovasi yang tengah dilakukan Pemerintah Kota Bandung sebagai pemilik fasilitas.

Renovasi yang sudah dimulai sejak beberapa hari kemarin itu rencananya berlangsung hingga awal Desember. Perbaikan mencakup hampir semua aspek, kecuali konstruksi bangunan. Antara lain pengecatan ulang, perbaikan sistem saluran air, serta pembenahan sanitasi. Renovasi diterapkan pada lapangan sepakbola, tribun penonton, mess pemain, dan lahan parkir.

"Mess pemain dan lahan parkir juga masuk renovasi, terutama masalah sanitasi dan saluran air yang selama ini memang menjadi masalah. Ada juga pemasangan keramik tempat duduk di tribun penonton, dan penggantian dasar lahan parkir. Lapangan sepakbolanya juga dihijaukan lagi. Dana yang disiapkan sesuai kontrak yaitu Rp 1,25 milyar, harus selesai minggu pertama bulan Desember," ucap Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Iyan Rusyana di Stadion Persib.

Terkait status penggunaan area mess sebagai tempat tinggal para pemain Persib, Iyan mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Pangeran Biru. Jika Hariono dkk merasa kurang nyaman dengan proses renovasi ini, Pemkot Bandung mempersilakan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) untuk mencari mess sementara.

"Tapi kalau memang Persib merasa tidak terganggu, silakan tetap tinggal. Lagipula perbaikan untuk sector mess, paling haya menghabiskan waktu satu bulan, tidak lebih lama dari sektor lainnya. Saya sudah koordinasikan pada tim Persib melalui surat," ucap Iyan.

Sementara itu, sekretaris tim Persib, Yudiana mengakui pihaknya tengah mencari komplek bangunan lain untuk dijadikan mess pemain. Namun, manajemen klub belum memutuskan apakah Persib pindah sementara selama renovasi berlangsung, atau langsung menetap. Hal ini dipertimbangkan mengingat masa penyewaan komplek mess di Stadion Persib juga sudah hampir habis.

"Penyewaan mess di Stadion Sidolig ini bukan hitungan bulan, tapi permusim. Jadi setelah ISL 2013 berakhir, dan memasuki ISL 2014, kontrak sewa selesai. Sekarang PT PBB sedang mencari lokasi alternatif. Jadi ada dua opsi, pindah sementara selama renovasi, atau memang untuk selanjutnya juga pindah. Tapi mess yang sekarang memiliki keuntungan berupa mudahnya akses karena ada di pusat kota. Masih kami jajaki lah," ucap Yudi.

Sementara itu, selain proses renovasi, Pelatih Djadjang 'Djanur' Nurdjaman mengeluhkan banyaknya geladangan dan anak jalanan di komplek Stadion Persib. Sekitar satu pekan terakhir, dua ruangan berukuran besar yang bersebrangan dengan mess pemain, memang digunakan sementara untuk menampung para tunawisma. Ini merupakan kebijakan Pemkot Bandung dalam menangani para gepeng yang kian ramai di jalaan Kota Bandung.

"Kalau memang ada renovasi sepertinya lebih baik pindah dulu. Apalagi sekarang jadi banyak anak jalanan di ruangan sebelah timur lapangan. Kurang nyaman juga walaupun mereka hanya ditampung sementara," ucap Djanur.
(Gugum Rachmat/Koran SI/min)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/10/11/49/880608/mess-direnovasi-persib-berencana-mengungsi