Persela Tak Akan Terlambat

LAMONGAN--Tak seperti Persegres Gresik United dan Persik Kediri yang diliputi kecemas terkait persiapan tim, Persela Lamongan memastikan tidak akan terlambat dalam persiapan kompetisi. Paling lambat akhir bulan ini direncanakan manajemen bakal sudah mengawali pembentukan tim.

Tahap awal yang bakal dilakukan adalah melakukan pembicaran dengan pemain lama terkait komitmen mereka di Stadion Surajaya. Persela optimistis program yang dirancang manajemen dan pelatih tidak akan menghambat proses persiapan pra musim.

"Saya optimistis Persela tidak akan terlambat dalam persiapan tim. Manajemen dan pelatih sudah memperhitungkan berbagai hal, termasuk pembicaraan kontrak pemain dan program-program pra musim. Targetnya November sudah mulai persiapan," ujar Sekretaris Persela Lamongan Mudji Santoso.

PT Liga Indonesia (LI) sampai kini belum membuat jadwal jelas terkait kick off liga unifikasi 2014 nanti, walau sebelumnya diperkirakan mulai bergulir Januari 2014. Walau begitu, klub Laskar Joko Tingkir tetap berasumsi kompetisi tetap bergulir Januari 2014 atau sesuai rencana sebelumnya.

Agenda terdekat atau tahap awal adalah pembicaraan kontrak pemain, yakni memperpanjang masa kerja pemain lama. Diperkirakan lebih dari 60% pemain lawas bakal bertahan di Surajaya, seperti Khoirul Huda, Jimmy Suparno, Dedi Indra, Samsul Arif, dan sejumlah pemain lokal lain.

Persela sebelumnya sudah mengikat bek Roman Golian melalui kesepakatan verbal. Sedangkan pekerjaan rumah (PR) terbesar adalah mempertahankan Fandi Eko Utomo yang menjadi incaran nomor satu Persebaya Surabaya. Ini tantangan tersulit karena ayah Fandi, yakni Yusuf Ekodono, terang-terangan menginginkan anaknya membela Persebaya. 

Pelatih Caretaker Persela Lamongan Didik Ludiyanto mengatakan, pembicaraan antara manajemen dengan pelatih harus secepatnya dilakukan. Sebab hasil pembicaraan itu bisa menjadi acuan pembentukan musim depan, terutama dalam menambah skuad baru.

"Mungkin pembicaraan akan dilakukan setelah Pak Yuhronur (Yuhronur Efendi, Asisten Manajer Persela) datang dari ibadah haji. Hasil pembicaraan itu sebagai acuan pelatih untuk melangkah, terutama melihat sektor mana yang membutuhkan perbaikan," jelas Didik Ludiyanto.

Satu posisi yang sudah pasti membutuhkan kekuatan anyar adalah lini tengah setelah ditinggal kapten sekaligus playmaker Gustavo Lopez. Selain itu, Persela masih membutuhkan kepastian pemain-pemain lama yang bertahan sebelum mendatangan pemain anyar di bursa transfer.

Sejumlah pemain asing Han Sang Min, In Kyun Oh dan Mario Costas belum tentu dipertahankan. Seandainya mereka dilepas, tentu posisi yang ditinggalkan membutuhkan darah baru. "Perencanaan sudah kami susun. Persela akan mempersiapkan diri tepat waktu," tegas Didik.

Selain memikirkan kekuatan di lapangan, manajemen juga harus menentukan siapa pelatih musim depan. Ini masih menjadi misteri karena manajemen menutup rapat terkait informasi pelatih yang diincar menggantikan Didik Ludiyanto yang masih berlisensi B. (Kukuh Setiawan/Koran SI/min)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/10/18/49/883134/persela-tak-akan-terlambat