Platini Sarankan Piala Dunia Hadirkan 40 Kontestan

NYON – Michel Platini tak ada habisnya menghadirkan saran-saran dan berbagai ide unik dan terbilang kontroversial. Setelah beberapa waktu lalu mengutarakan gelaran Euro lintas Eropa, kini giliran pentas Piala Dunia yang disarankan untuk menambah delapan tim lagi.
 
Opini tersebut sedianya merupakan tanggapan dari usulan Presiden FIFA, Sepp Blatter, yang menginginkan penambahan jumlah tim-tim Asia dan Afrika – tapi tetap dengan format 32 kontestan yang artinya, peserta dari benua biru akan dikurangi jatahnya.
 
Tapi ketimbang mengurangi jatah Eropa, Platini lebih memilih saran lain, yakni menambah kontestan Piala Dunia menjadi 40 tim. Delapan penambahan itu nantinya bisa diisi masing-masing dua tim Afrika, Asia dan benua Amerika, plus satu tim lagi dari Eropa.
 
"Dari pada mengurangi tim Eropa, saya menyarankan untuk menambah peserta menjadi 40 tim di Piala Dunia. Kita bisa menambahkan dua tim Afrika, dua dari Asia, dua lainnya dari Amerika dan satu lagi dari Eropa. Saya total mendukung ide ini," ujar Platini.
 
Alasan Platini, saat ini sepakbola tengah mengalami perubahan, belum lagi anggota FIFA juga bertambah, seiring lahirnya beberapa negara baru. Setidaknya, Piala Dunia juga bisa menambah jadwal penyelenggaraan dengan tambahan delapan jatah kontestan baru.
 
"Sepakbola tengah berubah dan sekarang kami punya 209 asosiasi. Banyak negara yang jadi anggota, jadi mengapa harus dikurangi? Empat puluh (peserta) bukan ide yang buruk," lanjutnya, seperti dikutip Setanta, Selasa (29/10/2013).
 
"Anda juga bisa menambah tiga hari penyelenggaraan lagi dan dengan begitu, Anda bisa membuat lebih banyak orang berbahagia," tutup legenda hidup Prancis yang kini menduduki kursi kepresidenan UEFA tersebut.
(raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/10/29/51/888416/platini-sarankan-piala-dunia-hadirkan-40-kontestan