Regulasi Kuota Pemain Asing Sangat Diperlukan

JAKARTA – Kontroversi tentang wacana PSSI ingin meregulasi kuota jumlah pemain asing dari 5 orang menjadi 3 orang menuai banyak pendapat. Tak terkecuali bagi mantan pemain tim nasional, Saman Pangabean.
 
Dalam wawancara singkat via telepon yang dilakukan oleh Okezone, Saman menyatakan kepeduliannya kepada pemain lokal. Oleh karena itu beliau sangat partisipatif menyikapi wacana tersebut.
 
"Menurut saya itu menyudutkan pemain lokal yang ada, bagaimana kebutuhan setiap tim seharusnya untuk memajukan pemain lokal yang ada di tim, namun dengan keberadaan pemain asing justru malah menyudutkan pemain lokal," ujar Saman
 
Ia juga menambahkan, dalam sebuah tim seharusnya lebih memperhitungkan lagi bagaimana pengelolaan keuangan yang harus distabilkan dengan belanja pemain. Hal ini dimaksudkan agar sebuah tim seharusnya tidak membuang-buang uang hanya demi membeli beberapa pemain asing yang belum tentu kualitas pemain asing tersebut lebih baik mutunya disbanding pemain lokal.
 
"Sebenarnya bukan berbicara jumlah, tapi bagaimana sebuah tim menyajikan pemain asing yang bermutu, yang penting mutu dan kualitas, jangan hanya mementingkan gaya saja dan asal beli pemain asing yang dalam kenyataannya malah memiliki kualitas yang rendah," papar pria yang akrab dipanggil Bang Saman ini.
 
"Sebenarnya ini perlu di dalami lagi untuk wacana tentang pemain asing tersebut, semakin sedikit pemain asing maka akan semakin terbuka bagi pemain lokal untuk berkembang ke depannya," tambahnya.
(hmr)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/10/07/51/878091/regulasi-kuota-pemain-asing-sangat-diperlukan