Terkait Kuota Asing, PSSI Putuskan Akhir Bulan Ini

JAKARTA – Berapa kuota pemain asing di kompetisi Indonesia masih jadi pedebatan. Setelah santer terdengar hanya ada tiga kuota asing pada musim kompetisi 2013/2014, akhir-akhir ini muncul wacana jumlah tersebut menjadi tiga plus satu. Tiga bebas, sementara satu pemain dari Asia. Tapi PSSI punya keputusan sendiri soal hal itu.
 
Memasuki unifikasi liga pada periode 2013/2014, perbincangan kuota pemain asing mulai santer dibicarakan. Digabungnya dua kompetisi Tanah Air yaitu Indonesia Super League (ISL) dan Indonesia Premier League (IPL), membuat PSSI mulai berbenah soal regulasi untuk kompetisi mendatang.
 
Dimana dimusim kompetisi sebelumnya, baik ISL maupun IPL menetapkan lima kuota pemain asing. Tiga pemain bebas dipilih baik dari Eropa, Afrika, atau Amerika Latin, sementara pemain asing dari Asia, dibatasi hanya dua pemain saja.
 
"Untuk keputusan kuota pemain asing, akhir bulan akan diputuskan," tegas Sekertaris Jendral (Sekjen) PSSI, Joko Driyono, di kantor PSSI, Jakarta.
 
Sebelumnya berbagai dukungan pembatasan kuota pemain asing menjadi tiga, mendapat sambutan positif dari berbagai pihak. Suara itu juga datang dari agen pemain, Edy Syahputra. Dirinya menyatakan, jika pengurangan terus tentu akan membantu proses regenerasi di sepak bola Indonesia.
 
"Bagi saya pribadi sebagai agen pemain, sebenarnya tidak ada masalah dengan pembatasan kuota pemain asing yang rencananya dipangkas menjadi tiga. Karena tujuan kita kan sama, yaitu bagaimana sepak bola Indonesia bisa berprestasi. Dengan adanya pembatasan menjadi tiga, tentu baik bagi sepak bola Indonesia," papar Edy.
 
 
Tak ingin ketinggalan berita bola? Follow twitter kami
(Decky Irawan Jasri/Koran SI/acf)
source : http://bola.okezone.com/read/2013/10/18/49/883695/terkait-kuota-asing-pssi-putuskan-akhir-bulan-ini