Tony Sucipto Nyaman di Persib

BANDUNG – Defender Tony Sucipto mengaku sudah merasa nyaman dengan komposisi skuad Persib Bandung di Indonesia Super League (ISL) 2013. Karena itu, dia berharap tim kebanggaan warga Bandung dan Jawa Barat ini tidak banyak melakukan perombakan.

ISL 2013 memang menjadi momentum titik balik bagi skuad Pangeran Biru, meski hanya mampu sampai posisi empat. Sejak dua tahun sebelumnya, prestasi Persib merosot drastis ke papan tengah. Di ISL 2010-2011, tim kebanggaan Bobotoh ini hanya mampu finis di urutan tujuh klasemen akhir. Tahun berikutnya lebih buruk. Pada ISL 2011-2012, Persib yang saat itu ditangani tiga pelatih dalam satu musim, berakhir di peringkat delapan.

"Saya dan mungkin pemain lain pun sudah merasa nyaman dengan komposisi tim yang sekarang. Sudah tahu karakter bermain satu sama lain. Saya sendiri sudah merasa nyaman sejak beberapa pertandingan pertama ISL 2013. Ibaratnya sekarang pondasi sudah kuat, sayang kalau dibongkar lagi, gak jadi-jadi rumah nantinya," ucap Tony menganalogikan.

Bergabung dengan Persib sejak ISL 2011-2012, pemain berposisi utama bek kiri ini merasakan berbagai perubahan dalam skuad asuhan Djadjang 'Djanur' Nurdjaman. Perbedaan-perbedaan itu pula yang diyakininya merupakan awal peningkatan prestasi tim Pangeran Biru di musim 2013.

"Saya merasakan adaptasi skuad yang sekarang lebih cepat dibandingkan tim Persib musim sebelumnya. Kekeluargaan lebih erat, mungkin karena coach Djanur mengutamakan emosional antarpemain. Kalau dari segi penampilan di lapangan, Persib musim ini lebih mengandalkan bola bawah pendek, jadi semua lini dituntut saling bantu. Tidak lagi bola long langsung ke depan," ucap Tony. (Gugum Rachmat/Koran SI/dit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/10/03/49/875672/tony-sucipto-nyaman-di-persib