Ujicoba Perdana, Diklat Persib Kalahkan PBR U21

BANDUNG – Baru dua pekan dibentuk, tim Diklat Persib U19 berhasil menuntaskan laga ujicoba perdana mereka dengan kemenangan. Melawan Pelita Bandung Raya (PBR) U21, di Lapangan PPI, Jalan Supratman, Kota Bandung, Sabtu (19/10), skuad junior Pangeran Biru ini sukses menyarangkan tiga gol tanpa balas. Rentetan gol dicetak Zen Arif, Rendy, dan Arlien.
 
Di pertandingan tersebut, kedua tim sama-sama melakukan rotasi besar-besaran. Bahkan, sebelas pemain yang diturunkan di babak kedua berbeda dengan tim di paruh pertama laga. PBR U21 sendiri diperkuat tujuh pemain yang membawa tim ini lolos ke babak delapan besar Indonesia Super League (ISL) U21 musim 2013 kemarin.
 
Meski tidak mengincar skor akhir, Pelatih Diklat Persib, Jaino Matos mengaku senang dengan penampilan bibit-bibit muda sepakbola Jawa Barat ini. Menurutnya, masa latihan yang baru menginjak usia dua pekan, tidak menjadi masalah dalam penampilan tim Diklat Persib.
 
"Memang kekurangan masih banyak, karena kami pun baru berlatih selama dua minggu terakhir, jadi masih jauh dari ideal. Tapi para pemain sudah mengerti dan bisa menerapkan instruksi yang saya beri, itu hal paling penting dan membuat saya happy. Kalau masalah skor, saya tidak memberi target apa-apa," ucap Jaino.
 
Pada laga ujicoba perdana ini, Jaino mengaku mendapat banyak pencapaian. Menurut pria asal Brazil tersebut, para pemain Diklat Persib mulai solid dalam menerapkan formasi. Selain itu, kepercayaan diri serta semangat juang Rendy dkk juga mulai terbangun.
 
Di bulan pertama latihan, tim Diklat Persib diagendakan menjalani tiga pertandingan persahabatan sebagai ajang ujicoba. Setelah mengalahkan PBR U21, calon penghuni skuad Persib U21 musim depan ini berencana kembali menjalani friendly match Sabtu, (26/10). Lawan yang dibidik adalah Timnas Pelajar U18, dengan rencana lokasi pertandingan di Lapangan Pusdikpom Cimahi.
 
"Yang dicari dari rangkaian latihan dan ujicoba ini adalah pola pikir para pemain muda kita. Bukan hanya skill atau kemampuan olah bola. Itu yang kami matangkan dengan sebuah metoda baru," ucapnya.
 
Dalam menangani tim Diklat Persib, Jaino juga melakukan analisa pertandingan. "Sebelum ujicoba Sabtu depan, hari Kamis saya dan semua pemain akan sama-sama nonton rekaman pertandingan ini. Saya buat match analysisnya, agar mereka tahu kekuarangan tim ini ataupun individu masing-masing," kata Jaino.
 
Sementara itu, Pelatih PBR U21 Roni Remon mengaku tidak mempermasalahkan kekalahan tim asuhannya. Dia hanya menyoroti faktor fisik yang belum mencapai tahap ideal. Hal itu, ucap Roni, merupakan kewajaran mengingat tim muda The Boys Are Back belum memiliki program latihan apapun.
 
 
"Hanya tujuh pemain lama, sisanya berstatus sebagai seleksi. Jadi masih banyak yang harus dibenahi. Kontrol bola saja masih jadi masalah karena belum latihan bersama. Stamina pun hanya bisa bertahan sekitar tiga puluh menit," kata Roni.
 
 
Tak ingin ketinggalan berita bola? Follow twitter kami
(Gugum Rachmat/Koran SI/acf)
source : http://bola.okezone.com/read/2013/10/20/49/883954/ujicoba-perdana-diklat-persib-kalahkan-pbr-u21