Garuda Muda Asah Kemampuan di Hong Kong

JAKARTA –Tim nasional (timnas) U-23 Indonesia dijadwalkan bertolak ke Hong Kong, 10 November 2013. Dalam lawatannya tersebut, Bayu Gatra dkk dijadwalkan menghadapi dua klub lokal Hong Kong, Citizens AA dan Sun Pegasus pada 12 dan 14 November mendatang.
 
Di bawah kendali Rahmad Darmawan, timnas Garuda Muda memang terus mengasah kemampuan jelang berlaga diajang SEA Games XVII Myanmar, Desember mendatang. Walau telah menjalani serangkaian laga uji coba, timnas U-23 masih dinilai memiliki banyak kekurangan.
 
Fakta itu pun bisa dilihat dari empat uji coba terakhir yang dijalani timnas U-23 selama bulan Oktober sampai awal November. Selama Oktober, uji coba timnas Garuda Muda diawali dengan menundukan PSS Sleman, 1-0, (26/10). Dilanjut dengan tumbang,1-2, secara mengejutkan dari klub Divisi I, Persibat Batang, (27/10).
 
Adapun satu uji coba terakhir di bulan Oktober, timnas U-23 ditahan imbang, 0-0, dari Timor Leste, (30/10). Sementara diawal November, tren kemenangan kembali didapatkan tim besutan RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan. Yaitu dengan menundukan Lampung Selection, 1-2, Sabtu (2/11).
 
Di Hong Kong, RD sebenarnya sangat berharap bisa mendapat lawan uji coba yang lebih tangguh. Karena sebelum dipastikan beruji coba dengan Citizen AA dan Sun Pegasus, timnas Garuda Muda awalnya berniat menjajal timnas Hong Kong U-23. Akan tetapi, keinginan itu tidak bisa terlaksana.
 
"Sebetulnya kami berkeinginan mendapat lawan uji coba yang level timnya lebih tinggi. Contohnya bisa berujicoba dengan timnas Hong Kong U-23. Akan tetapi, karena adanya berbagai alasan, kami hanya bisa bertanding melawan klub-klub lokal di Hong Kong saja," ungkap RD, saat dihubungi wartawan, kemarin.
 
Selain berpeluang menjajal Citizen AA dan Sun Pegasus, seperti disampaikan RD, sebenarnya ada peluang bertanding dengan Kitchee FC pada 16 November mendatang. Akan tetapi peluang berhadapan dengan klub yang sempat diperkuat Rochy Putiray pada periode 2003-2004 tersebut, masih belum bisa dikonfirmasi lebih lanjut sampai saat ini.
 
Adanya kesempatan uji coba di luar negeri, RD sendiri mengaku puas. Selain bisa menjajal klub-klub luar Indonesia, bisa merasakan atmosfer pertandingan di luar Tanah Air juga begitu penting bagi anak-anak asuhnya. Karena SEA Games sendiri akan dimainkan di Myanmar.
 
"Saya melihat, kedua tim yang nantinya akan kami hadapi di Hong Kong, sebenarnya hampir sama dengan beberapa lawan kami di SEA Games nanti. Saya melihat kedua klub lokal disana, mempunya kemiripan bermain seperti Vietnam dan juga Myanmar," papar pelatih yang musim depan dikabarkan merapat ke Persebaya Surabaya tersebut.
 
Keberangkatan ke Hong Kong sindiri, diharapkan mampu mempertajam lini depan timnas U-23. Sejauh ini lini depan yang bermaterikan Sunarto, Yandi Sofyan Munawar, Aldaier Makatindu, Fandi Eko Utomo, dan Ferinando Pahabol masih dinilai belum menunjukan aksi yang menjanjikan.
 
Empat Laga Uji Coba Terakhir Timnas U-23:

26 Oktober 2013:
Timnas U-23 1-0 PSS Sleman
 
27 Oktober 2013:
Timnas U-23 1-2 Persibat Batang
 
30 Oktober 2013:
Timnas U-23 0-0 Timor Leste
 
2 November 2013:
Timnas U-23 2-1 Lampung Selection
(Decky Irawan Jasri/Koran SI/raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/11/05/51/892308/garuda-muda-asah-kemampuan-di-hong-kong