Keputusan AVB Tetap Mainkan Lloris yang sempat Pingsan Dikecam

LONDON - Pelatih Tottenham Hotspur, Andre Villas Boas mendapat kecaman dari salah seorang dokter menyusul keputusannya yang tetap memainkan Hugo Lloris meski sebelumnya sang kiper sempat tak sadarkan diri akibat benturan dengan pemain lawan.

Lloris diketahui sempat berbenturan dengan Romelu Lukaku ketika Tottenham Hotspur berhadapan dengan Everton di Premier League, akhir pekan kemarin. Dalam insiden tersebut, kepala Lloris yang coba mengambil bola dari terbentur lutut dari Lukaku. Akibatnya, kiper internasional Prancis ini sempat tidak sadarkan diri, alias pingsan.

Setelah mendapat perawatan, Lloris pun kembali sadar. Pelatih Andre Villas Boas sebenarnya sudah menyiapkan Brad Friedel untuk menggantikannya, namun entah dengan alasan apa, akhirnya pelatih asal Portugal itu tetap mempercayakan Lloris mengawal gawang hingga laga usai di mana laga berakhir dengan skor 0-0.

Keputusan AVB yang tetap memainkan Lloris pun sontak menuai kecaman, salah satunya datang dari mantan kepala tim medis Liverpool, Peter Brukner. Dia menilai AVB menyikapi kejadian tersebut dengan buruk dan terkesan tidak mengkhawatirkan kondisi pemainnya.

"Saya sangat kecewa dan saya rasa semua kolega saya (tim dokter) juga marah dengan apa yang terjadi pada laga Minggu lalu," ujar Brukner sebagaimana dikutip Goal, Selasa (5/11/2013).

"Itu jelas keputusan yang salah, Lloris jelas mengalami gegar otak, dan dia sempat tidak sadarkan diri akibat benturan itu. Sekarang semuanya sudah sepakat, bahwa tidak tepat membiarkan seorang pemain kembali ke lapangan, terutama setelah tidak sadarkan diri," sambungnya.

"Hal itu juga sudah disarankan tim dokter Tottenham, tapi tidak didengarkan Villas Boas. Tiba-tiba, seorang manajer tahu lebih banyak dari seorang dokter yang kompeten dalam hal cedera. Ini jelas tidak bisa diterima, terutama di Premier League," tandasnya.

Ke depannya, Brukner meminta otoritas tertinggi sepakbola Inggris agar lebih memperhatikan hal ini, dan berharap agar kejadian serupa tidak terulang lagi. (acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/11/05/45/892293/keputusan-avb-tetap-mainkan-lloris-yang-sempat-pingsan-dikecam