Pele: Neymar Lima Tahun di Belakang Messi

RIO DE JANEIRO - Legenda hidup sepakbola Brasil, Pele akhirnya mengakui apabila juniornya, Neymar da Silva masih kalah dari megabintang Argentina, Lionel Messi. Meski begitu, Pele menilai cepat atau lambat Neymar akan selevel dengan Messi.

Menurut Pele, Neymar hanya kalah dari segi pengalaman untuk bisa bersaing dengan dua pemain terbaik dunia saat ini, Messi dan Cristiano Ronaldo. Namun demikian, legenda berjuluk 'Black Panther' ini meyakini bahwa Neymar merupakan salah satu pemain paling komplet di dunia.

"Ada beberapa pemain bagus, tapi pilihannya (untuk memenangi Ballon d'Or) masih antara Messi dan Cristiano Ronaldo," Pele memberikan prediksinya seputar perebutan trofi Ballon d'Or tahun ini.

Di musim pertamanya di Barcelona, Neymar sudah membuktikan kapasitasnya dengan mencetak empat gol dan delapan assist dari total 15 laga. Sementara Messi mengoleksi 12 gol dan empat assist dari 14 laga.

Berkaca pada statistik di atas, Pele meyakini kompatriotnya itu punya potensi untuk menjadi striker terbaik di era modern. Tapi, dia merasa Neymar masih butuh waktu untuk berkembang di Eropa sebelum dia dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia.

"Saya pikir, Neymar bisa jadi pemain terbaik dunia, tapi di sana ada pemain-pemain yang sudah empat atau lima tahun di depan, seperti Messi," sambungnya dikutip Goal, Selasa (5/11/2013).

"Soal Neymar bakal jadi idola di Barcelona atau tidak, itu sebuah pertanyaan yang belum bisa saya jawab. Tapi, saya sudah mengatakan bahwa saya yakin Neymar merupakan salah satu pemain paling komplet di dunia," imbuhnya.

"Dia belum memiliki pengalaman seperti Messi atau Cristiano Ronaldo, tapi dia adalah salah satu yang terbaik di Brasil. Bagaimanapun, delapan bulan di Eropa bersama Barcelona, itu akan bagus untuk Brasil karena Neymar jadi punya pengalaman lebih sebelum tampil di Piala Dunia," tandasnya. (acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/11/05/51/892112/pele-neymar-lima-tahun-di-belakang-messi