Skor Ketat Mendominasi

JAKARTA – Tren skor tipis mewarnai jornada ke-12 La Liga, akhir pekan ini. Dari sembilan partai yang telah dihelat, tujuh di antaranya berakhir dengan skor tipis.

Tren ini juga berlaku untuk klub-klub besar macam Real Madrid dan Barcelona. Kedua tim yang biasanya tampil superioritas atas lawan-lawannya, kali ini harus berjuang keras untuk meraih kemenangan.

Barca yang melakoni derbi Catalan kontra Espanyol harus puas dengan kemenangan 1-0. Di bawah dukungan penuh publik Camp Nou, El Barca hanya mampu melesakkan sebiji gol lewat aksi Alexis Sanchez.

Gol semata wayang Alexis praktis membuat paceklik gol Lionel Messi kembali berlanjut. Sejak mencetak gol ke gawang Milan, Messiah belum lagi mencetak gol di tiga laga yang dijalani Barca. Kritikan pun mulai mengusik Messi.

Terlepas dari masalah Messi, kemenangan ini cukup berharga karena menjaga takhta Barca di klasemen sementara. Barca masih aman di puncak klasemen dengan koleksi 34 poin.

Klub besar lainnya, Real Madrid juga  tak mampu meraih kemenangan meyakinkan kala bersua tim semenjana, Rayo Vallecano. Meski tercipta lima gol di Estadio del Rayo Vallecano, Los Blancos hanya mampu menang tipis 3-2.

Dwigol Ronaldo (3' & 48') dan Karim Benzema (31') sempat membawa Madrid unggul 3-0, namun Rayo mampu memperkecil ketertinggalan lewat dua penalti Jonathan Viera dalam rentang dua menit (53' & 55').

Hasil ini jelas kurang menggembirakan bagi pelatih Carlo Ancelotti yang gagal membawa timnya mencetak clean sheet dalam empat pertandingan terakhir. Rapuhnya lini bertahan, menjadi 'PR' yang harus segera diselesaikan Don Carletto.

Meski menang tipis, Madrid pantas bersyukur, lantaran kemenangan ini membuat mereka tetap di trek persaingan juara. Madrid mengoleksi 28 poin atau terpaut enam poin dari Barca.

Selain Barca dan Madrid, beberapa tim lain yang juga hanya meraih kemenangan tipis ialah, Almeria (1-0 atas Valladolid), Celta Vigo (menang 1-0 atas Sevilla), Getafe (1-0 atas Valencia) dan Levante yang mengalahkan tamunya, Granada 1-0.

Sedangkan dua tim lain yang memetik kemenangan dengan selisih lebih dari satu ialah, Real Sociedad yang menggasak Osasuna 5-0, dan Atletico Madrid yang sukses menaklukkan Athletic Bilbao 2-0.

Bagi Atletico, kemenangan itu membuat mereka terus memepet Barcelona dalam perburuan mahkota La Liga musim ini. Skuad besutan Diego Simeone mengoleksi 33 poin, dan hanya terpaut satu poin dari Barcelona, serta unggul lima angka dari rival sekotanya, Real Madrid di tempat ketiga.

Sementara itu, satu partai lain di jornada ke-12 baru akan dimainkan, Selasa (5/11/2013) dini hari nanti. Dua klub promosi akan saling berhadapan, yakni Elche yang akan menjamu Villarreal.

Hasil lengkap Jornada 12 La Liga:
Barcelona 1 – 0 Espanyol
Real Sociedad 5 – 0 Osasuna
Almería 1 – 0 Real Valladolid
Rayo Vallecano 2 – 3 Real Madrid
Sevilla 0 – 1 Celta de Vigo
Getafe 0 – 1 Valencia
Atlético Madrid 2 – 0 Athletic Bilbao
Levante  0 – 1 Granada
Málaga 3 – 2 Real Betis
Elche (04 : 00 WIB) Villarreal (acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/11/04/46/891604/skor-ketat-mendominasi